Selasa, 20 Agustus 2013

Batan Kembangkan Padi Unggul di Aceh


BANDA ACEH (EKSPOSnews): Badan Tenaga Nuklir Nasional akan mengembangkan padi verietas unggul yang cocok untuk berbagai iklim untuk meningkatkan produksi padi dan kesejahteraan petani di Provinsi Aceh.
"Kami bertekad untuk meningkatkan jumlah lahan yang akan dikembangkan dalam kegiatan pemanfaatan hasil litbangyasa (PHLIN) BATAN di Aceh," kata Deputi Pendayagunaan Hasil Litbang dan Pemasyarakatan Iptek Nuklir (PHLPN) BATAN Ferhat Aziz di Aceh Besar, Rabu 3 Oktober 2012.

Di sela-sela panen raya padi verietas unggul mira-1 dan sidenuk di Gampong/desa Aneuk Glee Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar Ferhat mengatakan padi varietas unggul tersebut tahan terhadap kekeringan.

Ferhat menjelaskan padi varietas unggul tersebut dapat menghasilkan gabah rata-rata 6,9 ton/hektare dengan potensi produksi maksimal diperkirakan mencapai 9,1 ton/hektare.

"Artinya, jumlah produksi yang dihasilkan padi varietas unggul ini lebih tinggi dari produksi rata-rata Aceh saat ini hanya 4,8 ton per hektare," katanya.

Disebutkannya, kegiatan PHLIN BATAN di Aceh seluas 100 hektare tersebar di lima kabupaten yakni Aceh Besar, Pidie, Bireuen, Aceh Utara dan Aceh Jaya.

Ferhat menyatakan hingga saat ini BATAN telah menghasilkan 20 padi varietas unggul dalam upaya mendukung upaya peningkatan produksi dan kesejahteraan petani.

"Dari 20 varietas itu, sepuluh diantaranya telah dicoba di Aceh," katanya.

Menurut Ferhat seluruh padi varietas unggul yang dikembangkan lembaga tersebut memiliki berbagai kelebihan dan cocok untuk dikembangkan diberbagai lahan pertanian.

"Kami akan terus mengembangkan berbagai varietas unggul yang memiliki cita rasa khas dan mampu meningkatkan produksi yang akhirnya mampu mewujudkan kesejahteraan petani dan mendukung program swasebbada pangan," katanya.

Panen raya padi unggul varietas mira-1 dan inpari sidenuk merupakan kerja sama Pusat Diseminasi Iptek Nuklir (PDIN) BATAN dengan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh.

Dalam kegiatan penen raya padi varietas unggul mira-1 dan sidenuk di kawasan Indrapuri itu juga hadir diantaranya Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Aceh Asrin, Ketua Insan Muda Demokrat Indonesia (IMDI) Provinsi Aceh Jabardi M Jabir dan Dekan Fakultas Pertanian Agussabti.(antara)


Sumber : http://eksposnews.com/mobile/content/42560

0 komentar:

Posting Komentar